Arti Lambang Kota Makassar

Tinggalkan komentar

11 April 2016 oleh muteina

Kota Makassar

Setiap logo memiliki arti dan filosofi tersendiri. Mulai dari garis, gambar, simbol, dan warna. Beda bentuk dan beda warna maka beda pula magna dan pesan yang terkandung didalamnya. Begitupun dengan logo yang sering kita lihat diberbagai media lokal, poster, dan di Internet, logo kota Makassar.

Lambang kota Makassar jika dilihat sekilas, seperti sebuah perisai yang berisi gambar sebuah kapal. Di atas perisai tersebut terdapat sebuah tembok yang kokoh berwarna merah. Di bawah perisai terdapat sebuah pita merah yang bertuliskan sebuah kaliamat, yang sudah pasti mengandung makna dan pesan-pesan tertentu.

Berikut, adalah Arti dari Lambang Kota Makassar yang dikutip dari situs Pemerintah Kota Makassar.

  1. Perisai

Perisai merupakan tameng yang telah lama dikenal dalam budaya dan peradaban Nusantara sebagai senjata yang melambangkan  perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri untuk mencapai tujuan. Warna putih sebagai dasar melambangkan kesucian.

  1. Kapal Pinisi

Sebuah Kapal layar tradisional khas yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar yaitu Pinisi . Kapal ini memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang. Dua tiang layar utama tersebut berdasarkan 2 kalimat syahadat dan tujuah buah layar merupakan jumlah dari surah Al-Fatihah.  Keberadan Pinisi layarnya sedang terkembang melambangkan bahwa Kota Makassar sejak dahulu kala adalah salah satu pusat pelayaran di Indonesia.

  1. Padi & Kelapa

Tanaman Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Padi merupakan tanaman yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat Makassar. Sedangkan Tanaman Kelapa  merupakan salah satu tumbuhan yang hampir semua bagian tubuhnya bermanfaat, mulai dari batang, buah, air kelapa, daging buah kelapa, hingga tempurung dan daun kelapa. Sehingga perpaduan padi dan kelapa ini melambangkan suatu kemakmuran kota Makassar.

  1. Benteng

Benteng berwarna merah berdiri kokoh di belakang perisai putih. Benteng adalah bangunan yang dibuat untuk keperluan pertahanan sewaktu dalam peperangan. Karena itulah benteng melambangkan kejayaan Kota Makassar.

  1. Warna pada Tepi Prisai

Tiga warna berbeda sepanjang tepi perisai melambangkan kesatuan dan kebesaran Bangsa Indonesia.

  1. Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai

Sebuah pita berwara merah yang melambangkan Keberanian, bertuliskan “Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai” atau “Kualleangi Tallanga Natowalia” Suatu pepatah masyarakat bugis-makassar yang melambangkan keberanian menjalankan sebuah prinsip dan tentu dengan penuh kearifan dan perhitungan yang matang serta menunjukan semangat kepribadian yang pantang mundur.

Itulah dia beberapa poin penting yang merupakan arti dan makna dari lambang kota Makassar. Selain itu, tentunya tersirat pula harapan yang yang sangat besar untuk kota Makassar kota Anging Mammiri ini.

 

Sumber :

Situs Pemerintah Kota Makassar

Wikipedia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dengarkan musik hits di sini :

Part Of

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang pos baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 17 pengikut lainnya

Instagram

Jika hujan tidak bisa mengobati rindu, setidaknya lotion lembut ini bisa menenangkan hati, meredam keresahan dan menghilangkan rasa cemburu. Eaaa eaaa. *adakah???? 😋😋😋 . . #SophieParisMakassar #sophie123 #inlovewithsophiemks
Okeyyy, hari ini dengan bahagianya saya memposting foto di depan Stand Sophhie Paris yang berada di Jl. Aroepala Makassar sambil memegang QR code milik salah satu leader kita. Trus ada yang tanya... "Mba, itu apa sih? Gunanya apa yah?" Well, teman2 mesti tahu... bahwa ini merupakan salah satu wujud dari slogan "I am Digital" yang telah digaungkan sophie paris. Ada banyak manfaat dari QR code yg terpajang di ETC Makassar atau yang selalu dishare oleh leader atau member sophie paris. 1. Kebetulan QR code yg saya pegang adalah, link dari salah satu leader. Ini cara praktis untuk merekrut atau mengajak teman untuk jadi reseller. Setiap member Sophie Paris akan memiliki QR code. Kalau ada yang men-scan QR code kamu, maka mereka akan diarahkan ke link referral yang apabila teman tersebut mengisi data, maka jadilah dia sebagai downline atau member baru kamu. gampang kan??? Jadi, kalo merekrut, kamu tinggal share link referral atau QR code di sosmed atau di print out. Gak perlu mondar mandir minta data dan KTP. Cara pengisisannya pun mudah. Sama seperti membuat akun di sosmed tinggal isi nama, TTL, No HP, email dan jadi deh!!!! Keren khaaannn!!! 2. Kamu juga akan menemukan QR code di katalog sophie paris. Nah ini tujuannya untuk memudahkan kamu, kalau ingin membagi gambar produk yang ingin kamu jual di sosial media tanpa harus download dan edit gambar. Tinggal scan lalu bagikan. so, gk ada alasan lagi nih buat yang bilang, saya gk tau edit2 gambar. Semuanya serba praktis shayyyy!!!! 3. QR code di ETC dan di belakang seragam staff. Kalau kamu scan QR code ini, maka kamu akan masuk ke website kita, www.sophieparis.com. Di web ini, kamu bisa melihat semua produk sophie paris baik yang regular atau promo. Registrasi atau membuka akun kamu. Di web ini juga kamu bisa melihat beberapa artikel dan tips kecantikan serta tips dalam menjalankan bisnis sophie paris. Ihhh Sophie Paris koq keren yah??? Yoi bingiittsss. Kalau ada yang mudah nan keren ngapain jalankan yang ribet. Iya khaannnn ^^ Jadi, kamu, kapan ikutan keren bersama sophieparis???
Dipaksa mampir di sekret, karena ada beginian😍😍😍. Terima kasih kakak-kakakku. Sayangki' semuaaa @ika.sma9mks
Masih ada waktu untuk menebar kebermanfaatan. Berbuat baiklah dengan cara yang kau punya. Be you, do you, just you... 🥂
Ulang tahun ka' weh. Ada komen, ucapan, pertanyaan atau apakah intu mae? *32 tahun yeiiyyyy #stillyoung #iamyoung #foreveryoung
Gaisss... Jam penyemangatku ini lagi diskon 67% + 30% (Buat Reseler yang udah jd Member). Semoga belum sold yahh, soalnya harganya murah bingitsss... Cek koleksi promo lainnya di soph.is/promo sekarang juga!!!!! #SophieParisMakassar
Hijabers Makassar

"Fastabiqul Khairat"

Biru Pupus

Audhina Daw |dawai kata dalam kalimat

Pena Biru

Catatan-Catatan Kecil

a s r i a d i

mencatat kehidupan

A+

My life, my soul, my adventure

andi syahriyunita

Architecture and Lifestyle

MZUH BLOG

TRY TO BE GOOD WRITER

Enal D' dactylon

Jadikan Duniamu, Duniaku, Dunia Kita Menjadi Hijau

DaengGassing.Com

Ngeblog Dulu, Sekarang dan Nanti

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

daengmacora

Just another WordPress.com site

%d blogger menyukai ini: